Tuesday, 13 October 2015

JATUH CINTA ADALAH CARA TERBAIK UNTUK BUNUH DIRI : REVIEW




“aku tidak sepakat dengan banyak hal, kau tahu. Kecuali, kalau kau bilang bahwa jatuh cinta adalah cara terbaik untuk bunuh diri. Untuk hal itu, aku setuju”
Kebanyakan orang lebih senang menceritakan sisi manis dari cinta.
Sedikit sekali yang mampu berterus terang mengakui dan mengisahkan sisi gelapnya.
Padahal, meski tak diinginkan, selalu ada keresahan yang tersembunyi dalam cinta.

Bukankah kisah cinta selalu begitu?
Dibalik hangat pelukan dan panasnya rindu antara dua orang,
selalu tersimpan bagian muram dan tak nyaman.
Sementara, setiap orang menginginkan cinta yang tenang-tenang saja.

Cinta adalah manis. Cinta adalah terang. Cinta adalah putih.
Cinta adalah senyum. Cinta adalah tawa

Sayangnya, cinta tak sekedar manis. Cinta tak sekedar terang.
Cinta tak melulu tentang senyum dan tawa. Ini kisah cinta yang sedikit berbeda.
Masih beranikah kau untuk jatuh cinta?

Ohayou goshimasu, minna-san ...

Ogenki desuka??

Alhamdulillah, akhinya diposting juga review’an ke 3 ini... sebenarnya sih banyak banget novel baru saya. Hadiah ulang tahun dari teman2 tersayang. Tapi, saya harus memilih 1 yang akan saya review. Semuanya bagus. Saya jadi susah milih. tapi saya harus milih satu dan saya memilih Novelnya Bernard batubara yang judulnya kamu udah tau kan judulnya apa? udah ada di judul postingan ini kok.

Harus saya tulis lagi??

Oke.. oke.

Novel yang akan saya review kali ini adalah.......


Tadaaaaa.........

Jatuh Cinta Adalah Cara Terbaik Untuk Bunuh Diri.. (Jatuh Cinta)

Ini novel kedua Bernard batubara yang saya review. Dua novel Bara, dari tiga novel yang telah saya review di blog  ini. Haha.. jujurly, saya memilih novel ini untuk di review dari sekian banyak novel baru saya karna saya ngefans sekali sama Bernard Batubara. Untuk membeli novelnya, saya tidak pernah ragu dengan isinya. Saya sudah tau kemampuan menulis Bara. Tidak pernah mengecewakan. Seperti novel kumpulan cerita2 pendek kali ini.
Awalnya, saya kira novel ini adalah novel yang ceritanya bersambung. Ternyata saya salah. Novel ini terdiri dari beberapa cerpen. Prosa. Saya baru menyadarinya setelah membaca habis 1 cerpen. Trus saya baca sampul depannya ternyata di judulnya memang ada tertulis dibawah (meskinpun agak kecil) dan cerita-cerita lainnya. Gitu.

baiklah. Karena ini kumpulan beberapa cerpen maka saya tidak akan mereview satu2 ceritanya... kepanjangan cuy.. hahaha.. sorry.. Kan ntar saya malah spoiler. Saya akan mereview secara keseluruhan aja sih.

Novel, Jatuh Cinta Adalah cara Terbaik Untuk Bunuh Diri susah banget rasanya mengungkapkan apa yang ada dalam novel ini. Pokoknya saya kagum banget sama Bara. Novel ini terdiri dari 15 cerpen dan semuanya i literally love it much. Akhir-akhir ini saya memang suka sastra, dan novel ini adalah novel sastra yang sangat mudah dipahami.isi ceritanya ada beberapa cerita tentang mistis, tentang kutukan, menurut saya ada horornya juga, dan pelecehan sexual, action dan juga tentang pembunuhan, dan dari semua cerita yang berbeda itu, semuanya bercerita tentang cinta. Yes, cinta yang gelap.

Di novel jatuh cinta ini, seperti biasa saya suka menebak nebak alur cerita. Tapi di setiap cerpen ini tebakan saya gak ada yang tepat. Yes. Plot twistnya sangat mengejutkan. Unpredictable banget lah pokoknya.

Setelah membaca beberapa cerpen, saya mengira kalau ini adalah fiksi fantasi. Tapi setelah membaca keseluruhan cerpen2nya, saya baru ngerti kalau ternyata dibalik cerita2 yang sepertinya fantasi ini terdapat suatu makna yang tersirat,makna yang hanya bisa dipahami ketika kita memikirkannya sekali lagi dengan pikiran yang terbuka dan dewasa. Hahaha...  dan semuanya tentang cinta. Menunggu, cinta yang membunuh. Yah, sisi lain dari cinta yang terang. Membahagiakan, dan indah.

Urutan penempatan cerpennya juga bagus, dimulai dari cerpen ceritanya menarik ke cerita yang menarik banget. Iyah, dari awal memang sudah menarik. Dan bikin penasaran dengan cerpen2 selanjutnya..  habis membaca yang pertama, kita jadi tertarik untuk membaca yang kedua. Dan seterusnya. Sampe pada cerita terkahir. Jatuh Cinta adalah cara terbaik untuk bunuh diri. I don’t know why, but baru kali ini saya membaca cerpen yang sesuai sama urutannya. Biasanya gini, saya membaca sesuai sama judul yang paling menarik. Tapi ini tidak. Saya membaca satu demi satu sesuai dengan urutannya.tidak melompati satu judulpun. saya sangat menikmatinya. Padahal ada judul terkahir yang sangat menarik.

Dari 15 cerita yang ada di novel ini saya mau review cerpen yang terkahir dari novel ini ah, yang judulnya  Jatuh Cinta Adalah cara terbaik untuk Bunuh diri.

Ceritanya tentang Bril seorang malaikat yang suka membaca novel. Hahaha aneh sih. Malaikat suka baca novel.  Jadi gini, brill ini seorang malaikat yang berusia remaja yang tinggal dilangit.  karna merasa bosan di langit dia meminta ayahnya untuk menginzinkannya turun ke bumi.

Di bumi dia bertemu dengan Rahayu. Dan dia jatuh cinta kepada Rahayu. Karna cintanya itu, Dia berniat untuk tinggal untuk selamanya di bumi. Nah, dia meminta lagi kepada ayahnya untuk diizinkan menetap di bumi. Ayahnya bilang boleh,tapi dengan satu syarat.
Bril menyanggupi, karna dia yakin kekuatan cintanya kepada Rahayu.

Tapi...

Ternyata selama ini cinta Bril hanya ngarep. Cintanya bertepuk sebelah tangan. Yah, hubungannya hanya sekedar teman. Itu kata Rahayu. Bril terjebak friendzone. Rahayu mencintai orang lain. yu know who? Sangat mengejutkan, saya gak mau menceritakannyalebih baik baca novelnya sendiri.. hahaha...

Yah setiap cerpen di novel ini endingnya memang mengejutkan.

Bara benar2 cerdas membuat kita jadi penasaran. Hahaha

Cuma bisa cerita sampe situ aja, kalau diceritakan semua, nantinya jadi gak penasaran lagi. Oh, iyah, cara saya menceritakan alur ceritanya ini seperti cara anak2 menceritakan alur cerita sebuah dongeng. Mgkin tidak menarik..feelnya gak dapat..yu know who am i.. aku mah siapa atuh, Cuma penulis menulis karna suka. Bukan karna bakat. wkwkwkwkw.  But, i’m sure. I promise, cerita aslinya lebih menarik dan menyakitkan hati. Bahasa sastranya juga enak untuk dinikmati. Mengesankan.

Oke. Seperti biasa, setiap abis mereview, saya akan selalu menulis quote2 yang paling nyangkut di hati saya, dan sampe sekarang masih sering terdengung.. (review macam apa ini)

hahaha...

check this out...

 Tak perlu cantik untuk hidup dengan baik.”  Kata Ayahnya Hamidah kepada Hamidah.

“Kami selalu merasa sakit. Sebab, hati kami tak pernah usai berharap dan itu yang membuat kami terus merasa sakit.”  (hal. 29) 

“Aku terlalu cinta, hingga aku merasa takut.”  ( hal. 32)

“Aku tidak mudah sedih oleh hal-hal rumit,tapi aku akan terluka oleh hal-hal sederhana. Semisal, dilupakan. Terutama dilupakan setelah diberi harapan.” (hal.35) 

“Kehidupan rumah tangga itu rumit. Kehidupan tak  berumah tangga juga.” ( hal. 36 )

Jika ia adalah sesuatu/seseorang yang layak aku tunggu, dia tidak memberiku hanya sebuah kadang.” (hal. 38)

“Kehidupan akan selalu bisa dinikmati dengan cara yang lebih baik. Seburuk apapun nasib yang menimpamu, harapan tak pernah lenyap.” (hal.44)

Hanya orang yang paling mencintaimu yang mampu membunuhmu.” (hal. 147)

“Jika kau belum gila jarna cinta, kau masih memberi hatimu dengan setengah2.” (hal. 186)
“Setiap berada dalam tumpukan buku, aku selalu merasa berada dalam surga.”

“setelah gemuruh beserta bising petir dan pemandangan kelam yang dibawa awan-awan hitam, ada pelangi yang selalu mengingatkan mu bahwa kehidupan selalu bisa dinikmati dengan cara yang lebih baik”

No comments:

Post a Comment